Saturday, January 16, 2016

Perenungan dan Pembelajaran Panjang

Yes. Saat ini saya mendeklarasikan diri bahwa saya single. 😊 Tepatnya kapan, saya pun ngga tau pasti. Ya.. itu salah satu kebodohan saya juga. Saya sudah banyak membuat kesalahan dalam pilihan saya. Saya mengakui, saya bukan orang yang belajar dengan cepat. Butuh 4,5 tahun untuk benar-benar mengambil langkah maju dan meninggalkan pria yang salah. Saya mengakui bahwa itu semua salah saya sendiri. Ego saya untuk bertahan dan keinginan saya untuk hidup dengan syarat "maunya sama dia", membuat ini semua menjadi terlalu lama dan berlarut-larut.

Kemarin saya benar-benar memutuskan untuk menghapus jejak pria itu di media sosial saya. Facebook, path, instagram, google plus, dan berakhir di blog ini. Saya kembali membaca curhatan diri saya di media ini. Ternyata memang sejak awal hubungan kami ini adalah kesalahan. Tanpa pikir panjang saya akhirnya menghapus semua yang berhubungan dengan dia di media ini.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari hubungan ini terkatakan di gambar itu. Loyalitas, komitmen, dan kejujuran adalah landasan suatu hubungan. Kalau hubungan diawal udah ngga bener (ya boong, ya selingkuh, ya masih punya pacar, ya ngga terbuka), sampe akhirnya pun dia tetep begitu-begitu aja. Dia ngga akan berubah, karena pria itu (saya lagi bicarain mantan saya) ngga pernah bener-bener belajar dan menyesali permainannya. See... udah berapa banyak hubungannya yang seperti ini? Yang saya tau aja banyak... Yang kamu tau (iya, kamu pasangannya dia sekarang), kamu belum tau apa-apa. Kenal aja baru. Baru mau mengenal sambil pacaran? Yaaah... percuma. Kamu bakalan menghabiskan waktu yang lama kaya saya. Hehehe.

Kalau kamu baca, mantan ku... 😊 tersentil kah kamu? Marah kah kamu? Atau kamu dipenuhi penyesalan? Menyesal pernah kenal dan pacaran sama aku atau menyesal telah banyak melakukan kejahatan ke beberapa wanita sekaligus? Semoga kamu belajar dan segera memperbaiki diri sebelum semua karma itu balik ke kamu.

Hari ini, saya dengan mantab menyandang status single saya sambil tersenyum. Senyum ini karena doa saya dikabulkan. Jawaban dariNya atas bait doaku, "lepaskanlah kami dari yang jahat".

😊 sekian.